Wednesday 29 November 2017

Penyakit hati berlemak non-alkohol

Apa itu penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD)? Penyakit hati berlemak nonalkohol (NAFLD) adalah penumpukan lemak di hati. NAFLD bisa jadi tidak berbahaya, tapi terkadang hal itu bisa menyebabkan liver membengkak. Ini adalah kondisi yang umum. Apa saja gejala NALFD? Banyak orang tidak memiliki gejala apapun. Jika Anda memiliki NAFLD, Anda mungkin merasa kenyang atau sakit di bagian tengah atau atas kanan perut. Anda mungkin merasa sangat lelah (letih).

Penyebab, gejala, pengobatan penyakit hati berlemak non-alkohol.
Penyebab, gejala, pengobatan penyakit hati berlemak non-alkohol.


Penyebab

Apa faktor risiko yang menyebabkan penyakit hati berlemak non-alkohol? Berbagai hal dapat meningkatkan risiko NAFLD Anda, termasuk obat-obatan dan kelainan genetik tertentu. Faktor risiko NAFLD yang paling umum adalah obesitas, diabetes dan kadar kolesterol tinggi. Bukan karena minum alkohol.


Diagnosa

Bagaimana dokter mengetahui apakah saya memiliki NAFLD?
Untuk mendiagnosis NAFLD, dokter Anda mungkin memeriksa darah Anda dan memesan pemindaian hati Anda. Jika dokter Anda berpikir Anda mungkin memiliki penyakit hati yang lebih parah, Anda mungkin memerlukan biopsi hati. Dalam prosedur ini, dokter Anda memasukkan jarum melalui kulit Anda dan membuang sepotong kecil jaringan dari hati Anda. Jaringan ini terlihat di bawah mikroskop untuk memeriksa tanda-tanda penyakit hati yang parah.


Pengobatan

Bagaimana NAFLD diobati?
Orang yang memiliki NAFLD biasanya tidak memerlukan perawatan. Yang paling penting adalah fokus pada apa yang menyebabkan NAFLD Anda. Kehilangan berat badan secara bertahap (1 sampai 2 pon per minggu) dapat mengurangi jumlah lemak di hati Anda. Namun, menurunkan berat badan dengan cepat dapat membuat NAFLD memburuk. Mintalah saran dokter Anda tentang cara menurunkan berat badan dengan cara yang aman dan sehat. Jika tingkat kolesterol dan gula darah Anda tinggi, dokter Anda mungkin memberi Anda obat untuk menurunkannya. Jika obat yang Anda minum menyebabkan NAFLD Anda, dokter Anda mungkin mempertimbangkan untuk mengalihkan Anda ke obat yang berbeda.


Komplikasi

Apa yang bisa saya harapkan?
Bagi kebanyakan orang, NAFLD tidak berbahaya dan tidak menyebabkan masalah kesehatan yang serius. NAFLD biasanya tidak mempengaruhi seberapa baik hati bekerja. Namun, dalam kasus yang jarang terjadi, NAFLD dapat menghentikan hati agar tidak bekerja sebagaimana mestinya. Meskipun tidak ada yang tahu pasti siapa yang akan memiliki masalah hati dari NAFLD, hal ini lebih mungkin terjadi pada orang yang menderita diabetes atau yang sangat kelebihan berat badan.


Pertanyaan

Pertanyaan untuk Tanya Dokter Anda
Apa pengobatan terbaik untuk saya?
Komplikasi apa yang bisa saya harapkan?
Perubahan apa yang harus saya lakukan untuk diet saya?
Latihan apa yang bagus?
Apakah ada obat yang harus saya minum?
Apakah saya memiliki kerusakan hati?
Seberapa cepat saya harus menurunkan berat badan?
Apa yang menyebabkan penyakit hati berlemak nonalkohol?
Haruskah saya berhenti minum alkohol?
Apakah ada obat yang harus dihindari?

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon